Minggu, 14 November 2010

Cara memilih bisnis yang tepat

Anda ingin memulai bisnis ? Bingung memilihbisnis yang tepat buat Anda ?

Keinginanmemulai bisnis begitu menggelora di dada. Peluang usaha di depan mata begitubanyaknya. Apalagi kalau kita langganan majalah bisnis, tabloid bisnis, ataukoran bisnis yang banyak menawarkan peluang usaha. Kita dibuat bingung, maumemilih bisnis yang mana. Kebingungan memilih bisnis / usaha menjadikan kitamalah tidak segera memulai usaha yang kita idamkan

Bagaimanacara memilih usaha atau bisnis yang cocok dengan tujuan hidup ?Sehingga saat Anda dihadapkan pada sekian banyak peluang, Anda bisa memilihbisnis yang cocok dengan tujuan hidup Anda. Anda tidak akan lagi bingung,apalagi tidak jadi memulai.

Berikut penjelasannya:

Bila Andaberlangganan Majalah, Tabloid, Koran, maupun Newsletter di internet. Anda pastiakan bingung memilih bisnis yang tepat bagi Anda. Mengapa ? Karena di dalammedia tersebut memberikan banyak penjelasan tentang kelebihan/keuntungan bisnisyang membuat Anda tertarik untuk memulai bisnis tersebut. Hal ini akan membuatAnda bingung dengan kelebihan/keuntungan yang kelihatannya menarik danmenjanjikan. Apalagi jika Anda melihat tawaran bisnis franchise atau real estate dengan keuntungan yang sangat menarik.

Nah di sini sayaakan memberikan tips bagaimana menghadapi tawaran-tawaran yang begitu sangat menarik perhatian kita. Hal yang perlu Anda lakukan ialah :

1.Tetapkan tujuan finansial Anda terlebih dahulu

Dalammencapai kesuksesan di bidang apapun, menetapkan tujuan menjadi langkah pertamayang harus Anda lakukan. Tetapkanlah tujuan finansial Anda terlebih dahulu.Tujuan finansial adalah hasil kekayaan seperti apa yang ingin Anda capai dalamhidup Anda.

Tujuan finansialhendaknya Anda tulis, jangan hanya ada di angan-angan. Menulis tujuan finansialakan lebih memudahkan Anda mengingat setiap saat. Dan jika Anda bisa mengingatsetiap saat tujuan finansial Anda, maka semangat dan tindakan Anda akan lebihmengarah ke tujuan tadi.

Contohtujuan finansial : “saya ingin mendapatkan penghasilan pasif dalam 10 tahun kedepan sebesar Rp 1 milyar per bulan, tanpa saya harus bekerja keras”

Tujuan finansial,pasti akan menyesuaikan dengan tujuan hidup Anda. Sebagai contoh, saat Andaingin membantu 1000 fakir miskin 10 tahu mendatang, maka Anda sudah memilikibayangan berapa penghasilan yang ingin Anda capai

2.Pilih bisnis yang sesuai dengan tujuan finansial

Nah,sekarang langkah kedua. Setelah Anda menetapkan tujuan finansial, Anda bisamemilih bisnis yang sesuai dengan tujuan finansial tadi. Saat Anda saat ini mengetahui ada 10 tawaran peluang usaha, Anda bisa menetapkan mana usaha yangsesuai dengan tujuan finansial tersebut.

Kalaumengacu contoh tujuan finansial di atas, Mana diantara 10 peluang usaha tadiyang dalam waktu 10 tahun bisa menghasilkan Rp 10 milyar per bulan, tanpa kerjakeras. Pasti tidak semuanya bukan ?

Jika sebuahusaha tidak bisa membantu kita mencapai tujuan finansial, kenapa harusdilakukan ? Sifat serakah manusia kadang menjadikannya selalu menerima tawaranpeluang usaha yang datang. Sehingga kadang ia melupakan hakikat tujuan finansialyang sudah ia tetapkan. Bisnis yang tidak bisa membantu Anda mencapai tujuan finansialAnda, hanya akan menghabiskan waktu, energi dan pasti uang Anda. Karena itu,Katakan tidak pada bisnis yang tidak sesuai dengan tujuan finansial Anda

3.Pilih bisnis yang Anda Semangat melakukannya

Ketika Andatelah memilih bisnis atau usaha yang sesuai dengan tujuan finansial,pertanyaannya adalah, apakah Anda semangat menjalankan bisnis tersebut ? Bisnisyang bisa mendatangkan profit melimpah, tapi Anda tidak semangat melakukannya,biasanya bisnis tersebut tidak bisa bertahan lama. Kesuksesan hanya bertahan pada mereka yang memiliki semangat untuk menjalankannya.

Bagaimanacara membangkitkan semangat bekerja pada bisnis yang tidak kita sukai, tapibisnis tersebut menghasilkan profit besar ? Cara yang biasa sayalakukan adalah mengaitkan bisnis tersebut dengan cita-cita mulia saya. Saya meyakinkan diri saya bahwa saya harus menyukai bisnis ini dan bersemangat menjalankannya, karena profit dari bisnis ini besar dan bisa mendukung cita-cita mulia saya. Cita-cita mulia misalnya : membantu fakir miskin, anak yatim, menciptaka lapangan kerja, dll. Dengan begitu, saya menjadi bersemangat.

4.Star Action, don’t waiting (Segera lakukan, jangan menunggu)

Anda telah memiliki tujuan finansial, sudah memilih bisnis yang sesuai dengan tujuantersebut, dan Anda semangat menjalankannya. Langkah terakhir lakukan saja.Segera mulai bisnis Anda. Cara cara agarAnda mudah memulainya. Belajar dari mereka yang sudah sukses. Carireferensi-referensi dari berbagai sumber yang mempercepat kesuksesan Anda.

Source : http://alarief.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar